Layanan Pengaduan

Kompetensi

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)

SIKAP

 
 

S1

Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious;

 

S2

Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tgas berdasarkan agama, moral dan etika;

 

S3

Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat,  berbangsa,  bernegara,  dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila

 

S4

Berperan sebagai warga negara  yang  bangga dan cinta tanah  air,  memiliki nasionalisme serta  rasa  tanggungjawab pada negara dan bangsa;

 

S5

Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

 

S6

Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;

 

S7

Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara serta dalam kehidupan berprofesi;

 

S8

Menginternalisasi sesuai dengan nilai, norma,  etika akademik;

 

S9

Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

 

S10

Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;

 

S11*

Bertanggungjawab atas kerahasiaan dan keamanan informasi tertulis, verbal dan elektronik yang diperoleh;

 

S12*

Menginternalisasi nilai budaya Pacer dalam melaksanakan asuhan kebidanan

 

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)

KETERAMPILAN UMUM (KU)

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu peng tahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusundeskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik didalam maupun di luar lembaganya
  7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data dengan memanfaatkan IPTEKS untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi
  10. Mampu meningkatkan keahlian keprofesiannya pada bidang yang khusus melalui pelatihan dan pengalaman kerja yang service excellent khususnya pelayanan kegawatdaruratan dan teknopreneur

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)

PENGETAHUAN

  1. Menguasai konsep teoritis ilmu kebidanan, manajemen asuhan kebidanan, keputusan klinis, model praktik kebidanan, dan etika profesi secara mendalam.
  2. Menguasai konsep teoritis ilmu obstetri dan ginekologi, serta ilmu kesehatan anak secara umum
  3. Menguasai konsep teoritis ilmu anatomi, fisiologi, mikrobiologi, fisika kesehatan, dan biokimia, parasitologi, imunologi, farmakologi, genetika, biologi reproduksi dan biologi perkembangan yang terkait dengan siklus kesehatan reproduksi perempuan dan proses asuhan yang dibutuhkan secara mendalam;
  4. Menguasai konsep teoritis ilmu ekonomi kesehatan, politik kesehatan, kebijakan publik di bidang kesehatan, sosiologi dan antropologi kesehatan, epidemiologi dan biostatistik, kesehatan masyarakat secara mendalam;
  5. Menguasai konsep teoritis ekologi manusia secara umum dan konsep teoritis psikologi perkembangan dan ilmu perilaku secara mendalam dalam memberikan asuhan kebidanan sepanjang siklus reproduksi perempuan dan proses adaptasi menjadi orangtua;
  6. Menguasai konsep teoritis gizi dalam siklus reproduksi perempuan secara umum;
  7. Menguasai konsep dasar, prinsip, dan teknik bantuan hidup dasar (Basic Life Support) dan pasien safety;
  8. Menguasai konsep teoritis keterampilan dasar dalam praktik kebidanan secara mendalam;
  9. Menguasai konsep teoritis ilmu kesehatan masyarakat secara umum;
  10. Menguasai konsep teoritis patofisiologi secara umum yang mendasari asuhan kebidanan;
  11. Menguasai konsep teoritis hukum peraturan dan perundang-undangan yang terkait dengan pelayanan kebidanan secara umum
  12. Menguasai konsep teoritis komunikasi efektif, pendidikan kesehatan, promosi kesehatan dan konseling serta penggunaan teknologi dan sistem informasi dalam pelayanan kebidanan secara mendalam;
  13. Menguasai konsep teoritis manajemen dan kepemimpinan secara umum.
  14. Menguasai konsep teoritis penelitian dan evidence based practice dalam praktik kebidanan secara mendalam
  15. Menguasai konsep asuhan kebidanan kegawatdaruratan dan teknopreneur secara mendalam
  16. Mampu menguasai konsep Homecare

 

 

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)

KETERAMPILAN KHUSUS (KK)

  1. Mampu mengaplikasikan asuhan kebidanan yang holistik, komprehensif dan berkesinambungan yang didukung kemampuan berfikir kritis, reflektif dan rasionalisasi klinis pada pranikah, prakonsepsi, kehamilan, persalinan, nifas dan menyusui, bayi baru lahir, bayi balita dan anak prasekolah, komunitas, kesehatan reproduksi, prakonsepsi dan KB sesuai dengan standar kompetensi
  2. Mampu mengidentifikasi secara kritis penyimpangan/kelainan sesuai lingkup praktik kebidanan;
  3. Mampu mendemonstrasikan tatalaksana konsultasi, kolaborasi dan rujukan;
  4. Mampu mendemonstrasikan penanganan awal kegawatdaruratan meternal neonatal sesuai standar mutu yang berlaku;
  5. Mampu menerapkan berbagai teori kontrasepsi termasuk AKDR dan AKBK;
  6. Mampu melakukan pencegahan, pasien safety dan upaya bantuan hidup dasar;
  7. Mampu melakukan pendokumentasian asuhan kebidanan sesuai standar yang berlaku;
  8. Mampu melakukan KIE dan promosi kesehatan yang service excellent berhubungan dengan kesehatan perempuan pada tahap perkembangan siklus reproduksinya dengan menggunakan hasil riset dan teknologi informasi;
  9. Mampu menerapkan manajemen kebidanan yang berbasis pada partisipasi masyarakat dan menjalin kemitraan dengan perempuan untuk meningkatkan pemberdayaan perempuan dalam mengelola kesehatan reproduksi, konsepsi, persalinan, pascapersalinan, dan pengasuhan anak yang service excellent untuk menyelesaikan masalah melalui pendekatan inter professional;
  10. Mampu mengaplikasikan teori dan praktik dalam pengambilan keputusan dan manajemen dalam pelayanan kebidanan sesuai kode etik;
  11. Mampu mendemonstrasikan langkah-langkah manajemen pelayanan kebidanan;
  12. Mampu menerapkan asuhan kebidanan bercirikan kegawatdaruratan dan teknopreneur yang dilaksanakan sesuai dengan evidence based midwifery (EBM)