23 Des 2020 Berita Kampus

LAPORAN HASIL EVALUASI KINERJA INSTITUSI 2020

LAPORAN HASIL EVALUASI KINERJA INSTITUSI 2020

LAPORAN HASIL EVALUASI KINERJA INSTITUSI

 

   

 

Pada Tanggal 01- 04  Desember 2020, STIKes Mitra Husada Medan telah melaksanakan penilaian evaluasi kinerja Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan yang dilaksanakan oleh Satuan Pengawas Internal (SPI),  Unit Penjaminan Mutu Internal (UPMI), dan seluruh satuan pengawasan interna STIKes Mitra Husada Medan. Pemaparan yang dilaksanakan di STIKes Mitra Husada Medan tersebut berlangsung dari pukul 13.30 hingga 16.30 WIB bertempat di Aula STIKes Mitra Husada Medan.

STIKes Mitra Husada Medan telah menyelenggarakan evaluasi kinerja dan evaluasi internal untuk semua unit kerja, baik unit kerja akademik maupun non akademik. Kegiatan tersebut bertujuan  mengendalikan capaian mutu penyelenggaraan tri dharma perguruan tinggi, serta membangun budaya mutu melalui implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI).

STIKes Mitra Husada Medan sebagai institusi perguruan tinggi yang mengemban tugas untuk memperluas kesempatan memperoleh pendidikan dan menyiapkan sumber daya manusia (SDM) terampil sebagai pelaksana pembangunan nasional dan sesuai Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, STIKes Mitra Husada Medan mengemban ablea menyelenggarakan tugas-tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi.

1. Dalam bidang pendidikan dan pengajaran, STIKes Mitra Husada Medan bertanggung jawab menyelenggarakan pendidikan yang menghasilkan lulusan yang berketuhanan, beretika, dan bermoral baik, mandiri, siap bekerja dan/atau berwirausaha, serta mampu beradaptasi terhadap setiap bentuk perubahan lingkungan yang terjadi;

2. Dalam bidang penelitian, STIKes Mitra Husada bertanggung jawab untuk mengembangkan penelitian terapan yang bermutu dan bermanfaat untuk meningkatkan efektifitas, efisiensi, dan produktivitas dalam proses produksi, perkembangan teknologi, dan ilmu pengetahuan yang mengarah kepada pencapaian HAKI (Hak Kekayaan Intelektual) dan kesejahteraan masyarakat; dan

3. Dalam bidang pengabdian masyarakat, STIKes Mitra Husada Medan bertanggung jawab untuk mengembangkan terselenggaranya pengabdian kepada masyarakat yang bermanfaat secara langsung dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

 

 

 

Adapun struktur organisasi STIKes Mitra Husada Medan

Dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya, STIKes Mitra Husada Medan didukung oleh 55 orang tetap yang ditugaskan di Prodi Kebidanan Program Diploma Tiga, Prodi Kebidanan Diploma Tiga, Prodi Kebidanan Program Sarjana dan Prodi Profesi  dan  tenaga kependidikan yang telah disesuaikan dengan kebutuhan tiap-tiap unit pelaksana.

Dari data diatas dapat digambarkan bahwa dosen yang mengajar di STIKes Mitra Husada Medan tahun 2020  berdasarkan jabatan fungsionalnya, untuk lebih jelasnya dapat dlihat pada grafik dibwah ini.

Keadaan Dosen STIKes Mitra Husada Berdasarkan Jabtan Fungsional

 Tahun 2020

 

 

 

No.

 

 

 

Hal

Jumlah Dosen Tetap yang Bertugas

Di STIKes Mitra Husada Medan

 

Total

Pendidikan Profesi Bidan Program

Profesi

 

Kebidanan Program Sarjana

Kebidanan Program Diploma Tiga

Keperawatan Program Diploma Tiga

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

A

Jabatan Fungsional :

 

 

 

 

 

1

Belum Memiliki

4

1

13

4

21

2

Asisten Ahli

11

18

8

2

28

3

Lektor

1

5

2

1

6

4

Lektor Kepala

-

-

-

-

0

5

Guru Besar/Profesor

-

-

-

-

0

Total

16

24

23

7

55

 

 

 

Keadaan Dosen STIKes Mitra Husada Berdsarkan Pendidikan

Tahun 2020

 

 

 

 

No.

 

 

 

Pendidikan Tertinggi

Jumlah Dosen Tetap yang Bertugas

Di STIKes Mitra Husada Medan

 

Total

Pendidikan Profesi Bidan Program

Profesi

 

Kebidanan Program Sarjana

Kebidanan Program Diploma Tiga

Keperawatan Program Diploma Tiga

1

Profesi

2

6

 

4

 

2

Magister/Sp-1

9

9

23

3

54

3

Doktor/Sp-2

 

1

 

 

1

Total

11

16

23

7

55

Dosen yang mengajar di lingkungan STIKes Mitra Husada Medan pada tahun 2020 sebagian besar golongan III B, untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada grafik di bawah ini.

 

Keadaan Dosen STIKes Mitra Husada Berdsarkan Golongan

 Tahun 2020

 

No

Nama Prodi

Golongan

Jumlah

IIIA

IIIB

IIIC

1

Prodi Pendidikan Profesi Bidan Program Profesi

 

6

1

7

2

Prodi Kebidanan Program Sarjana Kebidanan

 

12

2

14

3

Prodi Kebidanan Program Diploma Tiga

1

7

1

9

4.

Prodi Keperawatan Program Diploma Tiga

1

1

1

3

 

Total

2

26

5

33

 

 

 

Selain dosen, dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya STIKes Mitra Husada Medan juga didukung oleh tenaga kependidikan yang melaksanakan tugas  sebagai tenaga administrasi, tenaga pustakawan, tenaga  laboratorium dan jabatan fungsionan umum lainnya.

bahwa tenaga kependidikan di lingkungan STIKes Mitra Husada Medan berpendidikan S1 Dari Tabel diatas dapat digambarkan bahwa tenaga kependidikan di lingkungan STIKes Mitra Husada Medan berpendidikan S1 sama besar dengan pendidikan SMA untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada grafik dibwah ini.

            Pendidikan Akhir Tenaga Kependidikan STIKes Mitra Husada  Medan

 

        Waktu penyelesaian studi yang melebihi standar waktu berdampak negatif tidak hanya bagi mahasiswa, namun juga pihak-pihak lain yang berkaitan seperti universitas, dosen pembimbing, maupun pihak pemberi sponsor. Pendidikan merupakan investasi masa depan, sehingga sudah sewajarnya harus dikelola dengan baik. Kerugian bagi mahasiswa bukan hanya dari segi biaya namun juga waktu yang lebih panjang dalam menyelesaikan studi, sedangkan bagi universitas tentunya terkait dari kredibilitas pengelolaan perguruan tinggi sebagai penyelenggara pendidikan tinggi.

        Dilihat dari sisi ekonomi secara global, ketika tingkat penyelesaian studi ren-dah, atau kelulusan tertunda, produksi tenaga kerja terampil dalam perekonomi-an berkurang. Hal ini dirasa penting mengingat dampak-nya tidak hanya dirasakan oleh mahasiswa, namun juga menyangkut kredibilitas uni-versitas itu sendiri. Orangtua dan mahasiswa membutuhkan informasi mengenai kepastian kelulusan pada saat mendaftar pada suatu universitas, dan keuntungan yang diperoleh dari gelar yang dicapai, sedangkan pemerintah ingin memperoleh jaminan bahwa dana masyarakat diinvestasikan secara efektif dalam dunia pendidikan.

        Capaian indikator kinerja utama rata-rata lama studi tahun ajaran 2018/2019 di STIKes Mitra Husada Medan adalah 4 tahun sedangkan target yang telah ditetapkan adalah 4 tahun dengan demikian indikator tersebut telah mencapai target yang telah ditentukan.

  • 7 : Jumlah Rata-Rata Indeks Prestasi Mahasiswa STIKes Mitra

                  Husada Medan Tahun 2020

              

 

Keberhasilan pendidikan tinggi adalah aspek relevansi. Aspek relevansi ini, perguruan tinggi dituntut mampu menghasilkan lulusan yang memiliki daya saing dan siap berkiprah dalam pembangunan. Daya saing lulusan yang ditun-jukkan melalui masa tunggu mendapatkan pekerjaan pertama, keber-hasilan lulusan berkompetisi dalam seleksi, dan gaji yang diperoleh. Relevansi (kesesuaian) pendidi-kan lulusan ini ditun-jukkan melalui profil pekerjaan (macam dan tempat pekerjaan), relevansi pekerjaan dengan latar belakang pendidikan, manfaat mata kuliah yang diprogram dalam pekerjaan, saran lulusan untuk perbaikan kompetensi lulusan. Selain itu, relevansi pendidikan juga ditunjukkan melalui pendapat pengguna lulusan tentang kepuasan pengguna lulusan, kompetensi lulusan dan saran lulusan untuk perbaikan kompetensi lulusan.

        Capaian indikator kinerja utama rata-rata lama studi tahun ajaran 2019/2020 di STIKes Mitra Husada Medan adalah 4 tahun sedangkan target yang telah ditetapkan adalah 4 tahun dengan demikian indikator tersebut telah mencapai target yang telah ditentukan, sebagaimana tersebut pada Grafik berikut ini.

 

 

                             

 

     

 

Untuk mempertahankan jumlah peminat dilakukan sosialisasi berkesinambungan baik dalam bentuk kunjungan ke SMU, expo pendidikan dan penyebaran brosur. Selain itu untuk memudahkan akses bagi para calon mahasiswa dilakukan dengan memaksimalkan sistem informasi secara online seperti web,fb,ig, STIKes Mitra Husada Medan.

Keketatan seleksi dapat dilihat dari rasio peminat dan jumlah kursi yang tersedia. Pada tahun 2017 sebanyak 354 calon pendaftar dan jumlah kursi yang tersedia 70 sehingga perbandingannya adalah 1:5, pada tahun 2018 sebanyak 1255 calon pendaftar dan jumlah kursi yang tersedia 250 sehingga perbandingannya adalah 1:5, Tahun 2019/2020 Jumlah pendaftar 1830 dan jumlah kursi yang tersedia 365 Prodi Kebidanan Program Sarjana Sedangkan pada Prodi Kebidanan Program Diploma Tiga Besarnya Pada tahun 2017 sebanyak 638 calon pendaftar dan jumlah kursi yang tersedia 130 sehingga perbandingannya adalah 1:5, pada tahun 2018 sebanyak 405 calon pendaftar dan jumlah kursi yang tersedia 80, tahun 2019/2020 jumlah calon pendaftar sebanyak 270 dan jumlah kursi 55, Tahun 2020 jumlah pendaftar sebanyak 205 dan jumlah kursi 40. Prodi Pendidikan Program Profesi Tahun 2018 sebanyak 24 mahasiswa dan tahun 2019 naik menjadi 158 mahasiswa, Tahun 2020 meningkat menjadi 285 mahasiswa, Prodi Keperawatan Program Diploma Tiga Tahun 2019 sebanyak 22 mahasiswa dan Tahun 2020 meningkat menjadi 32 mahasiswa. Jumlah peminat tersebut disebabkan karena adanya sosialisasi mengenai profil kampus STIKes Mitra Husada Medan. Untuk mempertahankan jumlah peminat dilakukan sosialisasi berkesinambungan baik dalam bentuk kunjungan ke SMU, expo pendidikan dan penyebaran brosur. Selain itu untuk memudahkan akses bagi para calon mahasiswa dilakukan dengan memaksimalkan sistem informasi secara online seperti web,fb,ig,

 

Grafik 1 : Jumlah Pendaftar Mahasiswa Baru Prodi Kebidanan Program Sarjana Terapan STIKes Mitra Husada Medan Tahun 2017-2020 dan Target 2019-2020

  1. rafik 2 : Jumlah Pendaftar Mahasiswa Baru Prodi Kebidanan Program Diploma Tiga STIKes Mitra Husada Medan Tahun 2017-2020

 

 

Grafik 3 : Jumlah Pendaftar Mahasiswa Baru Prodi Pendidikan Profesi Bidan Program Profesi STIKes Mitra Husada Medan Tahun 2018-2020

 

Grafik 3 : Jumlah Pendaftar Mahasiswa Baru Prodi Keperawatan Program Diploma Tiga STIKes Mitra Husada Medan Tahun 2019/2020, 2020/2021 dan Target 2019-2021

 

 

 

 

 

Jumlah persentase rata-rata mahasiswa dalam 3 tahun terakhir yang berasal dari Sumatera Utara 52%, Nangroh Aceh Darusalam (NAD) 20%, Jambi 15%, Kepulauan Riau 3%, Riau 5%, Sumatera Selatan 3%, Jakarta 0,6%, Sumatera Barat 1%, Kalimantan 0,5%, dan Sulawesi 0,2% STIkes Mitra Husada Medan sudah banyak di kenal di kalangan masyarakat baik di luar daerah ataupun kota.

. Persentase Asal Provinsi Mahasiswa STIKes Mitra Husada   Medan

           

 

 

 

  1. BBeasiswa

Program ini adalah memberikan bantuan bagi mahasiswa yang prestasi akademik nya baik tetapi tidak memiliki cukup biaya yang terdiri dari beasiswa PPA dan Bidikmisi baik melalui DIKTI dan Beasiswa Aspirasi, beasiswa yayasan juga diterima oleh mahasiswa yang terbaik satu dengan bebas uang kuliah per semester dan beasiswa kewirausahaan

Grafik Beasiswa PPA (Peningkatan Prestasi Akademik )

STIKes Mitra Husada Medan

 

 

Grafik Beasiswa Bidikimisi (Bantuan Biaya Pendidikan Mahasiswa Miskin)

STIKes Mitra Husada Medan

Grafik Beasiswa Yayasan STIKes Mitra Husada Medan

 

Grafik Jumlah Mahasiswa Yang Mengikuti Kompetisi Tingkat Internasional

Grafik Jumlah Mahasiswa Yang Mengikuti Kompetisi Tingkat Nasional

 

 

 

Grafik Jumlah Mahasiswa yang Menghasilkan ProdukKarya Ilmiah, Inovatif STIKes Mitra Husada Medan

 

 

     

 

Grafik   Rata-Rata Rata-Rata IPK Lulusan Selama Tiga Tahun Terakhir

 

Grafik Rata-Rata Masa Studi Mahasiswa STIKes Mitra Husada Medan

Jumlah Lulusan STIKes Mitra Husada Medan

SARANA PRASARANA

PERPUSTAKAAN

Penyelenggaraan perpustakaan sebagai sumber belajar merupakan suatu keharusan dan penting dalam pendidikan. Perpustakaan STIKes Mitra Husada Medan adalah salah satu unsur penunjang yang baik bagi kegiatan akademik di lingkungan STIKes Mitra Husada Medan.

Pada prinsipnya perpustakaan adalah kumpulan buku, bahan pustaka baik tercetak maupun terekam, dan mengelolanya dengan cara khusus guna memenuhi kebutuhan intelektualitas para penggunanya.

 

 

 

 

 

  BIDANG PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

 

Berdasarkan grafik di atas dapat diketahui bahwa penelitian dosen sesetiap tahun mengalami peningkatan namun tahun 2020 jumlah penelitian dosen, jumlah penelitian dosen yang baru terlaporkan  51 penelitian

Selain dana penelitian dari internal, STIKes Mitra Husada Medan mendapat danah hibah dari Kemenristek Dikti. Jumlah penelitian yang mendapat hibah Kemenristik Dikti dapat dilihat pada gambar berikut ini.

Grafik jumlah Pengabdian kepada  Masyarakat yang melibatkan mahasiswa dapat dilihat pada tabel berikut ini:

Luaran menjadi suatu poin penting dalam bagian penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Salah sat luaran penelitian di STIKes Mitra Husada Medan adalah publikasi ilmiah baik dalam lingkup nasional maupun internasional. Jumlah publikasi nasional di STIKes Mitra Husada Medan dapat dilihat pada grafik berikut ini :

        

Selain publikasi nasional, luaran STIKes Mitra Husada Medan juga adalah Publikasi Internasional. Jumlah publikasi internasional STIKes Mitra Husada medan dapat dilihat pada grafik berikut ini:

      

Dalam meningkatkan kegiatan pembelajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat STIKes Mitra Husada Medan juga melakukan kerjasama dengan instansi dalam dan luar negeri. Berikut ini adalah jumlah instansi dalam negeri yang bekerja sama dengan STIKes Mitra Husada Medan :

Selain dalam lingkup nasional STIKes Mitra Husada Medan juga bekerjasama dengan beberap universitas di luar negeri. Berikut ini adalah jumlah kerjasama STIKes Mitra Husada Medan dengan instansi luar negeri:

Pemanfaatan kerjasama institusi dalam peningkatan kompetensi dosen dan pengembangan jejaring informasi kerja dapat dilihat pada grafik berikut ini :