19 Des 2019 Berita Kampus

LAPORAN HASIL EVALUASI KINERJA INSTITUSI 2019

LAPORAN HASIL EVALUASI KINERJA INSTITUSI 2019

Pada Tanggal 02  Desember 2019, STIKes Mitra Husada Medan telah melaksanakan penilaian evaluasi kinerja Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan yang dilaksanakan oleh Satuan Pengawas Internal (SPI),  Unit Penjaminan Mutu Internal (UPMI), dan seluruh satuan pengawasan interna STIKes Mitra Husada Medan. Pemaparan yang dilaksanakan di STIKes Mitra Husada Medan tersebut berlangsung dari pukul 13.30 hingga 16.30 WIB bertempat di Aula STIKes Mitra Husada Medan.

STIKes Mitra Husada Medan telah menyelenggarakan evaluasi kinerja dan evaluasi internal untuk semua unit kerja, baik unit kerja akademik maupun non akademik. Kegiatan tersebut bertujuan  mengendalikan capaian mutu penyelenggaraan tri dharma perguruan tinggi, serta membangun budaya mutu melalui implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI).

STIKes Mitra Husada Medan sebagai institusi perguruan tinggi yang mengemban tugas untuk memperluas kesempatan memperoleh pendidikan dan menyiapkan sumber daya manusia (SDM) terampil sebagai pelaksana pembangunan nasional dan sesuai Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, STIKes Mitra Husada Medan mengemban ablea menyelenggarakan tugas-tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi.

1. Dalam bidang pendidikan dan pengajaran, STIKes Mitra Husada Medan bertanggung jawab menyelenggarakan pendidikan yang menghasilkan lulusan yang berketuhanan, beretika, dan bermoral baik, mandiri, siap bekerja dan/atau berwirausaha, serta mampu beradaptasi terhadap setiap bentuk perubahan lingkungan yang terjadi;

2. Dalam bidang penelitian, STIKes Mitra Husada bertanggung jawab untuk mengembangkan penelitian terapan yang bermutu dan bermanfaat untuk meningkatkan efektifitas, efisiensi, dan produktivitas dalam proses produksi, perkembangan teknologi, dan ilmu pengetahuan yang mengarah kepada pencapaian HAKI (Hak Kekayaan Intelektual) dan kesejahteraan masyarakat; dan

3. Dalam bidang pengabdian masyarakat, STIKes Mitra Husada Medan bertanggung jawab untuk mengembangkan terselenggaranya pengabdian kepada masyarakat yang bermanfaat secara langsung dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

 

 

Adapun struktur organisasi STIKes Mitra Husada Medan

Dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya, STIKes Mitra Husada Medan didukung oleh 40 orang (9 orang dosen Profesi, 11 orang dosen Sarjana Terapan dan 40 orang dosen diploma 3 Kebidanan dan 42 tenaga kependidikan.

Dari data diatas dapat digambarkan bahwa dosen yang mengajar di STIKes Mitra Husada Medan tahun 2018/2019 masih jabatan fungsional Asisten Ahli, untuk lebih jelasnya dapat dlihat pada grafik dibwah ini.

 

Dosen yang mengajar di lingkungan STIKes Mitra Husada Medan pada tahun 2019 sebagian besar berpendidikan S2, untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada grafik di bawah ini.

Dosen yang mengajar di lingkungan STIKes Mitra Husada Medan pada tahun 2017 sebagian besar golongan III B, untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada grafik di bawah ini.

 

Selain dosen, dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya STIKes Mitra Husada Medan juga didukung oleh tenaga kependidikan yang melaksanakan tugas  sebagai tenaga administrasi, tenaga pustakawan, tenaga  laboratorium dan jabatan fungsionan umum lainnya.

bahwa tenaga kependidikan di lingkungan STIKes Mitra Husada Medan berpendidikan S1 sama besar dengan pendidikan SMA untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada grafik dibwah ini.

 

        Waktu penyelesaian studi yang melebihi standar waktu berdampak negatif tidak hanya bagi mahasiswa, namun juga pihak-pihak lain yang berkaitan seperti universitas, dosen pembimbing, maupun pihak pemberi sponsor. Pendidikan merupakan investasi masa depan, sehingga sudah sewajarnya harus dikelola dengan baik. Kerugian bagi mahasiswa bukan hanya dari segi biaya namun juga waktu yang lebih panjang dalam menyelesaikan studi, sedangkan bagi universitas tentunya terkait dari kredibilitas pengelolaan perguruan tinggi sebagai penyelenggara pendidikan tinggi.

        Dilihat dari sisi ekonomi secara global, ketika tingkat penyelesaian studi ren-dah, atau kelulusan tertunda, produksi tenaga kerja terampil dalam perekonomi-an berkurang. Hal ini dirasa penting mengingat dampak-nya tidak hanya dirasakan oleh mahasiswa, namun juga menyangkut kredibilitas uni-versitas itu sendiri. Orangtua dan mahasiswa membutuhkan informasi mengenai kepastian kelulusan pada saat mendaftar pada suatu universitas, dan keuntungan yang diperoleh dari gelar yang dicapai, sedangkan pemerintah ingin memperoleh jaminan bahwa dana masyarakat diinvestasikan secara efektif dalam dunia pendidikan.

        Capaian indikator kinerja utama rata-rata lama studi tahun ajaran 2018/2019 di STIKes Mitra Husada Medan adalah 4 tahun sedangkan target yang telah ditetapkan adalah 4 tahun dengan demikian indikator tersebut telah mencapai target yang telah ditentukan.

 

Keberhasilan pendidikan tinggi adalah aspek relevansi. Aspek relevansi ini, perguruan tinggi dituntut mampu menghasilkan lulusan yang memiliki daya saing dan siap berkiprah dalam pembangunan. Daya saing lulusan yang ditun-jukkan melalui masa tunggu mendapatkan pekerjaan pertama, keber-hasilan lulusan berkompetisi dalam seleksi, dan gaji yang diperoleh. Relevansi (kesesuaian) pendidi-kan lulusan ini ditun-jukkan melalui profil pekerjaan (macam dan tempat pekerjaan), relevansi pekerjaan dengan latar belakang pendidikan, manfaat mata kuliah yang diprogram dalam pekerjaan, saran lulusan untuk perbaikan kompetensi lulusan. Selain itu, relevansi pendidikan juga ditunjukkan melalui pendapat pengguna lulusan tentang kepuasan pengguna lulusan, kompetensi lulusan dan saran lulusan untuk perbaikan kompetensi lulusan.

 

                             

Dari data di atas dapat digambarkan bahwa sebagian besar lulusan STIKes Mitra Husada Medan memiliki IPK antara 3,00-3,50, dengan proporsi sebagaimana grafik di bawah ini.

 

      

 

Untuk mempertahankan jumlah peminat dilakukan sosialisasi berkesinambungan baik dalam bentuk kunjungan ke SMU, expo pendidikan dan penyebaran brosur. Selain itu untuk memudahkan akses bagi para calon mahasiswa dilakukan dengan memaksimalkan sistem informasi secara online seperti web,fb,ig, STIKes Mitra Husada Medan.

 

                        Gambar Mahasiswa Baru STIKes Mitra Husada Medan

 

 

 

Grafik 4. Jumlah Mahasiswa Baru STIKes Mitra Husada Medan

Jumlah persentase rata-rata mahasiswa dalam 3 tahun terakhir yang berasal dari Sumatera Utara 52%, Nangroh Aceh Darusalam (NAD) 20%, Jambi 15%, Kepulauan Riau 3%, Riau 5%, Sumatera Selatan 3%, Jakarta 0,6%, Sumatera Barat 1%, Kalimantan 0,5%, dan Sulawesi 0,2% STIkes Mitra Husada Medan sudah banyak di kenal di kalangan masyarakat baik di luar daerah ataupun kota.

. Persentase Asal Provinsi Mahasiswa STIKes Mitra Husada   Medan

           

        Persentase Suku Mahasiswa STIkes Mitra Husada Medan